Senin, 07 Januari 2013

KISAH NABI ADAM AS

Adam - Hawa dan Iblis keluar dari Syurga -Bag :1

   
Pada suatu masa Allah mamanggil seluruh malaikat berkumpul untuk bersujud kepada Adam,yang mana sujud kepada Adam bukanlah sujud untuk menyembah Adam,tetapi sujud itu adalah sujud sebagai penghormatan terhadap Adam,sesuai kedudukan Adam yang akan menjadi Khalifah Allah di dunia.
     Kemudian para malaikat bersujud,kecuali Iblis sendiri yang tidak mau sujud,sepeti yang Allah terangkan berturut-turut dalam surat Al-A'raf dari ayat 12 sampai ayat 17 .Ketika Iblis terlihat tidak mau sujud lalu Allah menegurnya :
  " Apakah yang mencegah engkau bahwa engkau tidak mau mau sujud ketika aku ( Allah ) perintah engkau ? ".Lalu Iblis menjawab :
  " Saya lebih bagus dari dia,karena Tuhan jadikan saya dari api, sedangkan Tuhan jadikan dia dari tanah " .Begitulah jawab Iblis dengan sombong, sudah barang tentu jawaban itu tidaklah pantas di ucapkan di hadapan Allah,apa lagi perintah itu datangnya dari Allah,sudah selayaknya sebagai mahkluk Allah,hendaknya ia tidak berkeberatan untuk melakukan perintah itu .Akan tetapi karena kesombongannya itu ia berbuat demikian,berarti membantah perintah Allah.
     Kemudian Allah berfirman :
" Keluarlah engkau dari syurga ! Tidak pantas engkau begitu sombong di syurga ini.Keluarlah engkau,betul-betul engkau menjadi orang yang hina "
           Iblis menjawab :
" Cobalahberi tempo untuk saya samapai hari di bangkitkan ( Hari kiamat ) "
           Allah berfirman :
" Sebetulnya engkau termasuk orang yang diberi waktu ( Sampai hari kemudian )
Rupanya Iblis jadi tambah nekat,setelah diberi waktu yang cukup lama sampai kiamat ,bukan berfikir untuk bertobat atau minta ma'af atas kata-katanya yang sudah terlanjur ,malah semakin mengeluarkan ancaman terhadap Adam dan keturunannya.
        Iblis berkata:
" Dari lantaran engkau telah sesatkan diri saya ,pasti saya akan halangi mereka ke jalan Engkau yang lurus "
      Kemudian Iblis berkata lagi :
" Pasti akan saya datangi mereka dari hadapan mereka ,dari belakang ,dari samping kanan dan dari samping kiri mereka.Dan engkau tidak dapati mereka yang banyak berterimakasih "
Demikian peristiwa Iblis yang tidak mau sujud kepada Adam ,akhirnya ia di usir dari syurga.
     Menurut riwayat lain ,sesungguhnya Iblis itu keturunan Jin,seperti Allah terangkan dalam surat Al-kahfi ayat 50 : " Dia adalah sebangsa Jin ,lalu ia berani membantah perintah Tuhannya "
     Pembaca yang budiman......disini sedikit kami terangkan Muasal Iblis ,sebagai berikut :
Pada zaman dahulu kala,beribu-ribu tahun sebelum ada manusia,sudah ada mahkluk yang mendiami dunia ini.
Mahkluk itu Jin namanya,mereka berjenis laki-laki dan perempuan . Mereka ada yang beragama dan ada juga yang tidak .Mereka di wajibkan juga beribadat kepada Allah.
     Allah berfirman :
" Tidak aku ciptakan Jin dan manusia ,kecuali untuk beribadah kepada KU "
Di ceritakan di dalam riwayat, di antara keturunan Jin yang bernama Izzazil, dialah yang paling ta'at kepada Allah, Jin -jin itu umurnya sangat panjang ,bisa mencapai  puluhan ribu tahun.Demikian keada'an Izzazil di bumi ,ia berinadah kepada Allah selama 1000 tahun,Kemudian setelah itu atas permohonannya kepada Allah di pindahkan ,ia beribadah di langit.Maka di langit pertama ini ia beribadah sampai 1000 tahun.Kemudian pindah lagi ke langit ke dua, Di langit ini ia beribadah 1000 tahun,kemudian pindah ke langit yang ke tiga . Di sini ia beribadah 1000 tahun,dan seterusnya hingga ke langit yang ke tujuh. Jadi jumlah masanya ia beribadah   dari mulai di bumi sampai ke langit yang ke tujuh selama 8000 tahu,.ini bukanlah waktu yang sebentar.
Maka atas karunia Allah ,di naikkan derajadnya dan mendapatkan kehormatan " Al-Muqorrobuun " Itulah derajad yang paling tinggi di sisi Allah,baik kepada golongan manusia dan Jin maupun golongan malaikat.
Bahkan Izzazil ini setelah mendapat pangkat " Al-Muqorrobuun " dari sisi Allah , lalu ia di angkat menjadi Imam ibadat para malaikat yang berada di langit. Demikian kedudukan atau derajad Izzazil di sisi Allah.
     Maka ketika Allah menyuruh sujud semua malaikat kepada Adam,Izzazil menolak,ia tidak mau sujud kepada Adam dengan alasan ,dia lebih baik atau lebih bagus dari pada Adam. Sebetulnya apa yang di kemukakan cuma alasan saja . Yang sesungguhnya ia merasa iri ,mengapa Adam mahkluk yang baru itu yang akan di jadikan Khlifah . Mengapa dia yang sudah begitu lama umurnya,dan sudah lama beribadah,serta lebih tinggi martabatnya tidak di jadikan Khlifah ?
     Nah..disinilah duduk persoalannya,.Perama karena iri hati, ke dua jadi takabur , dan ke tiga membantah perintah Allah, jadilah terusir dari syurga  dan di manakan Iblis. Kemudian setelah itu ia mengeluarkan ancaman ,untuk menyesatkan Adam sampai ke anak cucunya , lalu ia di namakan Syetan.Maka dapatlah kita katakan bahwa Iblis itu rajanya Syetan. Tersebut di dalam Al-qur'an bahwa setelah Adam menjadi suami-istri ke duanya di persilahkan bertempat di dalam Syurga . Meskipun keduanya boleh tinggal dan makan minum dengan sesuka hati,tapi ada sesuatu yang di larang bagi keduanya ,yaitu memakan buah Khuldi.
     Sebetulnya buah Khuldi itu hanyalah kata kiasan saja,sesungguhnya semua buah itu tidak ada yang tinggal tetap kekal pada tangkainya,pada suatu sa'at buah itu pasti lepas atau rontok dari tangkainya . Kecuali buah yang ada pada badan manusia . Itulah kata buah Khuldi ,begitulah pendapat ulama  .Jadi yang di larang oleh Allah di dalam Syurga bukanlah memakan buah pohon biasa,tetapi di larang memakan buah yang " Kekal "
Perhatikan firman Allah dalam surat Al-A'raf ayat 22 :
  " Maka ketika keduanya merasakan pohom itu ,terbukalah aurat ( kemaluan ) mereka "
Maka dalam ayat ini jelas dan gamblang, Allah mengatakan " Dzaaqosy syajarota." artinya merasakan batang pohon,dan bukan di katakan " Dzaaqosy tsamarota ".Dalam pengertiannya bukan buah itu di makan ,cuma di rasakan oleh tubuh.
      Jadi kesimpulannya ,adalah Adam di larang bersetubuh denga Hawa ,karena di Syurga itu adalah bukan tempat melahirkan anak,tempat melahirkan anak adalah di dunia.
     Sudah jelas Allah jadikan manusia laki-laki dan perempuan untuk melahirkan keturunan,.Yang menjadi persoalan bagi Adam ,adalah bukan persetubuhannya,akantetapi mengapa bujukan Syetan itu yang di turutnya,padahal sebelumnya Allah telah berpesan dan wanti-wanti " Walaa taqbaa hadzhisy syajaroh "
Artinya :" Janagan kamu berdua coba mendekati pahon ini ".Tetapi bujukan atau ajakan Syetan yang di turutinya, bukannya larangan Allah di perhatikan .......Hanya di sini letak kesalahannya......!!!
                                                                  BERSAMBUNG .......( bag : 2 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Saran nya untuk Blog Pemula Saya, agar tercapainya kesempurnaan serta keindahan dalam blog ini.
atas saran dan nasehatnya saya ucapkan banyka terima kasih.